Sambang Desa II Tahun 2018 Dengan Sambang Desa kita wujudkan Magetan yang SMART (Sehat,Maju,Agamis,Ramah,Terampil)

Magetan-Sambang Desa II tahun 2018 di Desa Gunungan Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Magetan. Selasa (30/10)

Acara yang diawali dengan senam pagi dan jalan santai mengitari desa bersama Bapak Bupati Magetan Dr.Drs.H. Suprawoto, SH.M.Si, Sekretaris Daerah, Kepala OPD, Camat dan Lurah beserta staf. Selanjutnya Bupati Magetan meninjau stan pelayanan kepada masyarakat.

Dalam sambutannya Bupati Magetan menegaskan, Mari kita bersama-sama berjabat tangan, bergotong royong, bersatu padu membangun Magetan, sebagaimana tertulis dalam tema kali ini “Dengan Sambang Desa Kita Wujudkan Magetan yang SMART (Sehat, Maju, Agamis, Ramah, Terampil).

Mengacu pada Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Banyak perubahan yang dialami oleh desa, banyak kewenangan yang dilimpahkan kepada desa, tetapi tidak semua desa mampu menerima kewenangan itu dan sejalan dengan sumber daya manusia perangkat desa.

Hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji kompetensi perangkat desa dalam memahami Peraturan Perundang-undangan mengenai desa. Dari beberapa kecamatan yang sudah melaporkan hasil uji kompetensi diperoleh hasil sebagai berikut, 42,28 % perangkat desa dalam kategori kompetensi, yaitu memiliki nilai minimal 75. 45,07 % desa dengan minimal 50% perangkat desa dalam kategori berkompeten. Bupati Magetan berpesan kepada seluruh Kepala Desa se-Kabupaten Magetan agar senantiasa melakukan upaya peningkatan kompetensi perangkat desa dalam memahami peraturan Perundang-undangan mengenai desa, serta menerapkan Standart Pelayanan Minimal (SPM) dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Hal ini merupakan tuntutan yang harus dipenuhi oleh perangkat desa selaku abdi masyarakat. (Wan)

  • Sambang Desa II tahun 2018 di Desa Gunungan Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Magetan
  • Sambang Desa II tahun 2018 di Desa Gunungan Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Magetan