NGUPATAN HUT KABUPATEN MAGETAN KE 343 TAHUN 2018

MAGETAN- Napak Tilas Ngunut Parang Magetan atau yang disebut ‘Ngupatan’ dilaksanakan pada , Selasa (9/10)  merupakan serangkaian kegiatan  dalam rangka peringatan  Hari Jadi Kabupaten Magetan yang ke 343.

Bupati Magetan Dr.Drs H Suprawoto SH.Msi dalam pidatonya menjelaskan arti penting napak tilas yang menjadi agenda rutin tahunan Kabupaten Magetan  dimana perjuangan pendahulu dalam memperjuangkan kedaulatan Magetan dari para penjajah.

Napak tilas merupakan sarana untuk mengenang sejarah perpindahan Pusat Pemerintah Kabupaten Magetan ke Desa Ngunut  dalam beberapa waktu di masa terjadinya agresi militer Belanda pada tahun 1948.  Belanda menyerbu Magetan pada tanggal 19 Desember 1948, hingga pada tanggal 26 Oktober 1949 tentara Belanda meninggalkan Magetan dan akhirnya pada tanggal 1 Januari 1950 pusat pemerintahan di Magetan yang sebelumnya berada di Desa Ngunut Kecamatan parang akhirnya kembali ke pusat kota Magetan.

Seperti telah tertuang dalam catatan perjalanan sejarah Kabupaten Magetan, terjadi agresi militer II yang dilancarkan Belanda untuk menguasai kembali negara Indonesia. Imbas peristiwa tersebut juga terasa di Magetan, dimana pusat kota Magetan berhasil dikuasai Belanda. Untuk menghindari kekosongan kekuasaan dan meneruskan perjuangan untuk sementara waktu pusat pemerintahan Kabupaten Magetan dipindah ke Desa Ngunut Kec. Parang, hal inilah sebagai cikal bakal peringatan dengan melaksanakan gerak jalan Ngunut-Parang-Magetan.

Sejauh 15 kilometer rute napak tilas start dari Desa Ngunut Kecamatan Parang yang diikuti jajaran Muspida ( Musyawarah Pimpinan Tingkat Kabupaten) dan Muspika ( Musyawarah Pimpinan Tingkat Kecamatan) serta unsur pimpinan Dewan dan Forkopimda. Sedangkan bagi peserta lomba, start dimulai dari depan Polsek Kecamatan Parang hingga keseluruhannya berakhir atau finish di alun-alun Kabupaten Magetan. (Ay/Wan)

  • NGUPATAN HUT KABUPATEN MAGETAN KE 343 TAHUN 2018
  • NGUPATAN HUT KABUPATEN MAGETAN KE 343 TAHUN 2018
  • NGUPATAN HUT KABUPATEN MAGETAN KE 343 TAHUN 2018
  • NGUPATAN HUT KABUPATEN MAGETAN KE 343 TAHUN 2018
  • NGUPATAN HUT KABUPATEN MAGETAN KE 343 TAHUN 2018