Kenalkan Magetan melalui Gelar Seni Budaya Daerah

MAGETAN-  Gelar Seni Budaya  Daerah (GSBD) Kabupaten Magetan yang  bertajuk “Mangesti Magetan Kuncara” merupakan serangkaian acara  dalam pagelaran bulanan seni budaya  yang bertempat di Taman Budaya Jawa Timur. Ada berbagai kegiatan seperti pameran produk unggulan, kerajinan dan pertunjukan kesenian digelar guna mengangkat potensi daerah serta menarik wisatawan ke Magetan.

Tema Mangesti Magetan Kuncara yang memiliki arti, sebuah cita-cita  menjadikan Magetan kondang, baik di lingkup kabupaten, nasional bahkan internasional tersebut digelar selama 2 hari yaitu pada tanggal 9 sampai 10 Februari 2018.

Serangkaian acara Gelar Seni Budaya  Daerah (GSBD)  dibuka dengan Tari mangundang  serta  kolaborasi wayang Sandosa dan wayang orang dengan lakon “Ciptaning”  di hari pertama. Kemudian pada hari kedua diisi dengan drama tradisional mengangkat  sejarah daerah Parang yang berupa sandiwara Sriargo.  Acara tersebut  dimeriahkan oleh seniman-seniman Magetan yang berada dibawah binaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan  Kabupaten Magetan.

Dalam acara Gelar Seni Budaya Daerah Magetan ini selain disaksikan oleh masyarakat setempat juga ikut dihadiri oleh beberapa mahasiswa dan konjen luar negeri. “ada mahasiswa yang berasal dari Afrika dan Norwegia, Konjen Tiongkok,” terang Winarto selaku Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Magetan.

Dalam paket promosi daerah  terdapat beberapa stand produk yang merupakan hasil binaan dari dinas selaku leading sector. Beberapa dinas yang ikut mengisi stand  tersebut seperti, Dinas Budaya dan Pariwisata , Disperindag, Koperasi UMKM, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura, Dinas Perkebunan dan Ketahanan Pangan dan lain-lain. “produk – produk daerah yang dikemas SKPD terkait,” tambah Siran selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan pariwisata Kabupaten Magetan.

Menurut Siran dengan adanya Gelar Seni Budaya Daerah ini Kabupaten Magetan serta potensi daerah yang ada mampu terekspos untuk masyarakat luas, “Bisa mengangkat nama daerah dengan segala produknya sehingga pariwisata dan kebudayaaannya mampu mengundang para pengunjung datang di Magetan”, tuturnya.

Pada acara Gelar Seni Budaya  Daerah (GSBD) tahun ini Kabupaten Magetan mendapatkan  penilaian Grade B+ dari Pemprov dan UPTD Taman Budaya Jawa Timur, serta mampu menarik perhatian masyarakat yang tak hanya menyaksikan acara sampai selesai namun juga menarik minat beli pada produk yang ditampilkan pada tiap-tiap stand. (Ayu)

  • Tari Mangundang pada  Gelar Seni Budaya  Daerah (GSBD) Kabupaten Magetan
  • Menyanyi : Kepala UPTD Taman Budaya Jawa Timur (Tengah) pada Gelar Seni Budaya  Daerah (GSBD) Kabupaten Magetan
  • Gelar Seni Budaya  Daerah (GSBD) Kabupaten Magetan
  • Stand Produk Unggulan Magetan
  • Stand Produk Unggulan Magetan
  • Stand Produk Unggulan Magetan
  • Stand Produk Unggulan Magetan
  • Stand Produk Unggulan Magetan
  • Stand Produk Unggulan Magetan
  • Stand Produk Unggulan Magetan