Optimalkan Distribusi Pupuk Bersubsidi DTPHPKP Adakan Sosialisasi Kartu Tani

MAGETAN - Sebagai bentuk program ketahanan pangan pemerintah melakukan berbagai program untuk membentuk masyarakat yang sehat, aktif dan produktif secara berkelanjutan. Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan (DTPHPKP) Magetan melakukan sosialisasi kartu tani  kepada petani di 18 kecamatan di Magetan. Bekerja sama dengan bank BNI cabang Magetan  para  petani menerima penyuluhan terkait informasi pemanfaatan kartu tani.

Launcing penyaluran kartu tani sudah di mulai pada 28 Desember 2017 di desa Baluk kecamatan Karangrejo,adapun pelaksanaan sosialisasi kartu tani dimulai dari tanggal 25 Januari sampai 6 Februari 2018. Dalam acara sosialisasi ini juga dihadiri oleh  , Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan (DTPHPKP), para distributor pupuk, dan pihak bank BNI.

Secara garis besar kartu tani merupakan alat transaksi berupa kartu debit yang dapat digunakan untuk membeli pupuk bersubsidi guna mendapatkan pupuk bersubsidi. Dengan adanya kartu tani diharapkan menjadi terobosan baru dalam pengoptimalan distribusi pupuk bersubsidi secara tepat jenis, tepat jumlah, tepat harga, tepat mutu, tepat waktu dan tepat tempat. Diharapkan dengan adanya kartu tani ini akan mampu meminimalisir penyaluran pupuk yang selama ini sering dikeluhkan petani.

Beberap persyaratan pembuatan kartu tani sebagai berikut, Petani penggarap lahan pertanian, Petani terdaftar di RDKK tahun 2017 untuk penyaluran pupuk tahun 2018, Petani memiliki nomor induk kependudukan (NIK), Petani memasukkan nama ibu kandung, dan Luas garapan petani 0-2 Ha. (Rizal)

  • Cek Data Penerima Kartu Tani
  • Penyerahan Kartu Tani