Magetan – Penyusunan RKPD Kecamatan Karas Tahun 2020 yang diadakan di gedung Kecamatan Karas dihadiri oleh seluruh kepala desa dan lurah sekecamatan Karas. Dr. Drs. Suprawoto, SH, M.Si Bupati Kabupaten Magetan, Drs. Arif Ridwan, MM Camat kecamatan Karas, Sutono DPRD Kabupaten Magetan, dan Suhadi, Spd. Mpd perwakilan BAPPEDA Kabupaten Magetan pada hari Kamis (11/2/2019).

Musrenbang tingkat kecamatan merupakan tempat untuk menampung usul, ide, gagasan dari masyarakat yang nantinya akan dihimpun dalam agenda musrenbang tingkat Kabupaten. Pemerintah Kabupaten Magetan kembali menyediakan Pagu Indikatif Kecamatan (PIK) anggaran kusus dari APBD kabupaten untuk mengakomodir usulan kegiatan hasil dari musrenbang kecamatan sebesar minimal Tujuh puluh Lima Juta Rupiah (Rp.75.000.000) dikalikan jumlah desa dan kelurahan dalam satu kecamatan. Kesempatan ini agar di manfaatkan sebaik-baiknya oleh desa dan kelurahan.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Magetan 2018-2023 yang sekarang dalam proses pembahasan dan finalisasi dengan DPRD Magetan diharapkan harus tepat sasaran dan benar-benar seperti yang sudah direncanakan menjadi keputusan bersama. Pinsip tepat anggaran dan tepat sasaran menjadi sebuah keharusan, agar kesuksesan dari program yang direncanakan dapat dirasakan bersama.

Dalam kesempatan ini Bupati menyampaikan pesan bahwa pelayanan dan pemerataan kesehatan untuk warga yang tidak mampu harus diutamakan, rencana untuk membangun rumah sakit daerah di Kecamatan Karas agar warga yang jauh dari kota bisa cepat ditangani oleh pihak rumah sakit, infrastruktur daerah Karas harus ditingkatkan guna mensejahterakan pembangunan ekonomi warga setempat yang mayoritas berprofesi sebagai petani, diharapkan untuk Kecamatan Karas mampu bersaing dengan kecamatan lain yang sudah menjadikan daerahnya sebagai desa wisata, dan tidak lupa untuk pemerintah agar lebih memperhatikan dan mendampingi masyarakat untuk pengembangan terkait Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) yang menjadi permasalahan warga Kecamatan Karas. (Yus)